Donat Madu Super Lembut Tanpa Mikser Tanpa Cetakan

 Ketika suasana hati kurang bergairah, camilan manis bisa jadi penyemangat dan membuat perasaan kamu menjadi happy. Salah satunya camilan kue Donat, camilan ini identik dengan bentuknya yang bulat dan rasanya yang manis, membuat kue donat ini diminati semua kalangan.

Saat ini donat sudah memiliki banyak variasi, contohnya donat madu, donat kentang, donat ubi dan lain sebagainya. Kini donat sudah menjadi salah satu camilan ringan favorit masyarakat. Seperti hal nya Donat madu yang banyak digemari karena pembuatan donat madu ini mudah serta bahan-bahan nya pun sama seperti donat pada umumnya. Akan tetapi donat madu ini memiliki cita rasa tersendiri.

Penasaran bagaimana cara membuatnya?? Berikut ini kami jabarkan secara cuma-cuma Resep dan cara membuat Donat Madu yang super lembut tanpa mikser, tanpa cetakan dan sudah teruji di dapur kami.

>>> Download Disini <<<

Donat Madu Super Lembut

Baca Juga: Resep Roti Goreng Paling Nagihh,, Crunchy Diluar Lembut Didalam.

Bahan Bahan

  • 260-280 ml Susu cair hangat (sesuaikan)
  • 9 gr Ragi instan
  • 3 butir Kuning telur
  • 550 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 1 sdt Baking Powder
  • 3 sdm Madu
  • 70 gr Mentega/Margarin
  • Sejumput Garam

Caranya

  1. masukkan susu hangat, ragi, kuning telur kemudian aduk rata dan ditutup dengan kain diamkan selama 10-15 menit sampai berbuih.
  2. Tambahkan terigu, baking powder, dan madu. Kemudian diulen sampai setengah kalis dulu, kemudian tambahkan margain/mentega dan sejumput garam. Lanjutkan mengulen hingga adonan kalis elastis.

    Tips untuk yang malas mengulen: simpan adonan yang sudah tercampur rata kedalam lemari es selama minimal 5 jam dengan begitu adonan akan kalis dengan sendirinya tanpa harus mengulen.

      
  3. Setelah adonan kalis elastis, Bagi dan timbang adonan kira-kira 45 gr (sesuai selera) lalu bulatkan adonan yang telah ditimbang tadi, taruh pada alas yang sudah ditaburi tepung supaya tidak lengket nantinya, kemudian tutup dan diamkan selama kurang lebih 45 menit,
  4. Balur jari telunjuk dengan tepung kemudian tusukkan ke bagian tengah (lubangi) bulatan adonan yang sudah mengembang tadi, selanjutnya diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit sembari menyiapkan minyak.

    "Jika ada gunakan minyak padat untuk menggoreng supaya hasilnya tidak menyerap minyak ke dalam donat, bisa juga di mix dengan minyak goreng biasa 50:50 supaya lebih irit. Atau menggunakan minyak biasa juga tidak masalah".

  5. Goreng adonan pada minyak panas menggunakan api kecil, goreng dengan teknik satu kali balik saja.
  6. Angkat dan tiriskan pada tempat yang sudah dialasi tissue untuk menyerap minyaknya, kemudian sajikan dengan topping sesuai selera..

Selamat Mencoba..

Postingan Populer