Wajib Tahu,,Inilah Trik Memilih Skincare Untuk Semua Jenis Kulit


 Ada banyak orang yang mengatakan bahwa ‘skincare’ merupakan kebutuhan wajib. Skincare sudah seperti makanan pokok yang setara dengan nasi bagi kulit. Karena itu memenuhi kebutuhan skincare harus benar-benar diperhatikan. Namun untuk Anda yang baru pemula dan masih dalam tahap awal memilih skincare, pastikan skincare yang akan Anda gunakan adalah skincare yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Karena jika skincare Anda bukan skincare yang tepat maka kulit Anda akan mengalami gangguan atau masalah dengan menggunakannya. Jadi jangan sampai buang-buang uang karena salah pilih produk skincare yang tidak memberikan dampak baik untuk kulit malah memberikan dampak negatif untuk kulit Anda. Berikut apa saja tips memilih skincare yang tepat yang sangat penting Anda tahu dan pahami.


Kenali dulu jenis kulit Anda



Masing-masing orang tentunya memiliki jenis kulit yang berbeda dengan orang yang lain. Jadi yang pertama Anda harus lakukan sebelum memilih skincare adalah mengetahui jenis kulit Anda lebih dulu. Hal ini penting karena Anda harus menyesuaikan penggunaan skincare untuk jenis kulit seperti kulit Anda.

Anda harus tahu bahwa kesalahan dalam memilih skincare justru akan membuat masalah kulit Anda semakin parah. Padahal skincare tujuannya adalah untuk mengatasi masalah kulit Anda bukannya malah membuat semakin banyak masalah pada kulit wajah Anda. Jadi hal ini penting Anda perhatikan sebaik mungkin.


Lihat berbagai kandungan yang terdapat pada skincare


Pada masing-masing skincare tentunya kandungan yang terdapat didalamnya berbeda-beda. Karena itu Anda harus lebih dulu mencermati kandungan didalam skincare sebelum membelinya. Anda perlu sesuaikan pemilihan kandungan tersebut dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.

Pilih yang memang menurut Anda paling cocok dengan yang Anda butuhkan. Jangan Anda lupa juga untuk memilih bahan yang tidak membuat Anda mengalami alergi sehingga tidak akan terjadi masalah pada kesehatan kulit Anda di kemudian hari.

Cek dulu testimoni pengguna


Tips memilih skincare yang tepat selanjutnya adalah Anda harus lebih dulu mengecek testimony para pengguna. Walaupun memang masing-masing orang memiliki kondisi kulit yang berbeda dimana orang yang satu tidak memiliki jenis kulit yang sama dengan orang yang lain. Sehingga tentu saja segi kecocokan skincare pada satu orang belum tentu sama dengan orang yang lainnya.

Anda bisa cek testimoni produk melalui website skincare tersebut dimana selain itu memanfaatkan forum kecantikan dan media sosial untuk semakin mencari tahu tentang skincare yang akan Anda gunakan tersebut.


Banyak sekali brand-brand skincare yang menawarkan solusi bagi masalah wajah tentunya, dari brand yang murah hingga brand berkelas. Namun, yang menjadi pertanyaan tiap wanita tentunya adalah apakah skincare yang saya beli dan gunakan benar-benar bisa menjadi solusi bagi wajah saya dan pada kemudian hari tidak menimbulkan masalah lain baik Karena sekarang banyak sekali produsen skincare yang tidak bertanggung jawab dengan membuat produk yang kandungannya justru membahayakan, istilah yang sering kita dengar “krim abal-abal” atau tidak sedikit juga skincare yang kita kira baik ternyata justru memperburuk kondisi wajah.

Lalu, bagaimana sih caranya mengidentifikasi atau mengenali skincare yang baik? 

1. Skincare yang terdaftar pada badan POM dan memiliki license yang jelas


Yang pertama ini jelas ya, pasti pertama kali yang harus kita teliti adalah apakah skincare yang kita beli itu telah diuji badan POM? Coba cek license nya. Dan karena aku penasaran, biasanya aku langsung cari tau produsennya siapa, perusahaannya bagaimana, dan ditambah lagi dari testimonial yang sudah pernah menggunakannya. Kalo produsennya saja perusahaan yang tidak jelas, lebih baik tidak usah dipertimbangkan lagi untuk mencoba/membeli.


2. Bebas Merkuri, Hydroquinone, Arbutin  dan Steroid


Nah, ini penting banget ya pastinya. Banyak wanita yang beli skincare yang penting dalam waktu beberapa hari langsung kinclong, menurutku itu mindset yang salah ya, justru karena hasilnya sangat cepat kita harus waspada terhadap kandungannya. Ngga mau kan hasil instant tapi justru membawa masalah dikemudian hari?

Cara mudah mengenali skincare yang mengandung merkuri, hydroquinone, arbutin dan steroid?

-Umumnya berbau tajam, seperti bau logam/bau wangi menyengat

-Tekstur krim mengkilat, coba dites oles pada kaca

-Warna mencolok seperti kuning,oranye,hijau

-Memutihkan wajah dengan sangat cepat,dan kulit menjadi putih pucat (merkuri) atau kemerahan (hydroquinone)

-Rasa gatal pada awal pemakaian

-Harus curiga apabila disertai krim lain anti iritasi

-Kulit menjadi tipis sampai urat diwajah terlihat (steroid) dan menjadi sangat sensitif dan perih

-Kulit mengelupas (hydroquinone)

-bila pemakaian dihentikan, timbul jerawat kecil & gatal, flek/warna kulit berubah


3. Terbuat dari bahan alami, tidak mengandung pewarna dan pewangi


Pastikan bahan yang digunakan alami dan kandungan lain yang jelas manfaatnya, biasanya aku juga memastikan kalau skincare tersebut tidak mengandung pewangi dan pewarna untuk meminimalisir banyaknya bahan kimia yang sebenarnya tidak penting untuk kulit.


4. Menghidrasi kulit (water-based formula) bukan melubrikasi (oil-based formula)


Pasti sering kan dengar istilah water-based formula, skincare berbaan dasar air. Kenapa penting? karena 70% tubuh kita adalah air, skincare yang baik adalah yang menjaga kadar air atau kelembapan diwajah kita. karena jika skincare berbahan dasar minyak tentunya akan menyumbat pori-pori selain itu juga kotoran atau polusi akan mudah menempel jika permukaan wajah kita lengket karena minyak tersebut. 

Cara bedakannya mudah sekali skincare water-based atau oil-based, oleskan skincare di punggung tangan diamkan hingga menyerap kurang lebih 2-3 menit lalu taburkan daun teh kering, setelah itu tepuk tangan, jika serbuk daun teh menempel artinya skincare tsb oil-based.


5. Bebas pemutih berbahaya



Bebas pemutih berbahaya seperti merkuri, hydroquinone dan arbutin, hasilnya cepat tapi mengandung bahaya dikemudian hari. Aku lebih prefer kulit sehat dan cerah alami daripada kulit putih yang keliatan maksa hehe

6. Bebas Mineral oil dan alkohol


Konsep awal mengenai skincare yang sejak dulu dipakai adalah jika wajah kering diberi minyak agar lembap dan jika wajah berminyak diberi alkohol tidak memberi solusi, pastikan skincare tidak mengandung mineral oil yang menyumbat pori atau alkohol yang justru membuat wajah kering.

7. Tidak mengelupas kulit

 

Skincare yang baik tidak mengelupas kulit seperti halnya merkuri, hydroquinone, dan arbutin. Pengelupasan terus menerus tiap hari akan membuat kulit kita menipis dan sensitif terhadap sinar matahari, yang pada akhirnya memicu timbulnya flek. Wajarnya pengangkatan sel kulit mati dilakukan maksimal 2 kali seminggu.

8. Tidak membuat ketergantungan


Pernah ngga pakai skincare trus lepas beberapa hari wajah langsung timbul jerawat kecil-kecil, kusam atau warna kulit berubah? itulah salah satu ciri-ciri skincare mengandung bahan seperti merkuri, hydroquinone dan steroid tadi. Jika terlanjur pakai skincare seperti itu lebih baik wajah di netralisir dulu, lepas skincare perlahan lalu ganti menggunakan skincare yang baik.

9. Sesuai pH Kulit (pH balanced)


Penting sekali untuk tau pH dari skincare kita, harus sesuai dengan kulit. Jangan terlalu asam (acid) atau basa (alkaline) karena akan merusak kulit. Bisa cek dengan kertas lakmus. pH normal wajah antara 4,0-5,5

10. Aman untuk ibu hamil dan menyusui


Cara paliiing mudah untuk tau kandungan skincare yang baik yaitu tanya sama produsen apakah skincare tersebut dapat digunakan oleh bumil dan busui? kalau boleh,, tentu kandungannya tidak membahayakan.

Postingan Populer