Cara Membuat Roti Baguette Khas Perancis




 Warga negara Perancis tidak begitu tertarik menambah persediaan tisu toilet layaknya negara di Eropa yang lain.

Mereka justru berbondong-bondong pergi ke toko roti untuk membeli baguette saat pengumuman pengurungan (lockdown).

Melansir laman Spoon University, baguette adalah kue khas Perancis yang memiliki bentuk panjang dan sedikit tipis.

Baguette Juga disebut sebagai “French Stick”, roti ini merupakan tipe roti kerak berwarna cokelat keemasan.

Alasan mengapa baguette begitu disukai karena sebenarnya roti ini memiliki bahan yang sederhana, hanya terdiri dari tepung, air, garam dan ragi.

Namun demikian untuk menciptakan baguette yang lezat, butuh kesabaran. Sebab roti baguette yang lezat melalui proses berhari-hari.


Maka itu simak cara membuat roti khas perancis Baguette ala kita yukk...


Bahan-bahan untuk membuat roti Baguette :

• 700 Gram Tepung terigu,

• 2 Sendok makan garam

• 1 1/2 sendok makan ragi

• 530 ml air Hangat


Caranya

1. Persiapkan adonan


Masukkan tepung terigu, garam dan ragi ke dalam wadah mangkok / wadah mixer yang telah disediakan. Dan aduk adonan kering tersebut hingga tercampur secara merata.

 

           Dan tuang air hangat secara perlahan dan berulang. Pastikan adonan teraduk hingga merata dan tidak ada adonan kering yang menggumpal. Untuk penggunaan mixer disarankan untuk menggunakan pengaduk ‘Dough Hook’ dan dengan kecepatan kecil agar adonan teraduk secara benar dan merata.


2. Proses pengembangan adonan



Setelah adonan tercampur secara merata. Tutup adonan menggunakan plastik wrapping atau kain. Simpan adonan dengan suhu yang hangat selama 2 jam atau sampai adonan mengembang hingga 2 kali lipat. Setelah itu, simpan adonan didalam kulkas.


3. Membagi dan membentuk adonan


Keluarkan adonan dari dalam kulkas (berat total adonan akan menjadi ±1200 g). Adonan ini cukup membuat 3 roti baguette dengan masing-masing sebesar ±400 g.

 

          Selanjutnya pisahkan adonan menjadi 3 bagian dan buatlah adonan menjadi bulat dengan cara menarik ujungnya ke bagian tengah. Setelah itu tutup dengan kain lembab dan tunggu hingga 45 menit.


4. Bentuk adonan menjadi panjang

          Setelah selesai menunggu, kembali lakukan menarik ujung adonan ke bagian tengah beberapa kali. Dan gunakan tumit tangan untuk menekan ujung adonan dan gulung adonan dengan perlahan sehingga membentuk lonjong.


          Setelah berbentuk lonjong, masukkan ke dalam cetakan roti baguette. Dan tutup kembali menggunakan kain lembab selama 45 menit.


5. Proses pengembangan dan pembentukan roti baguette

           Adonan roti baguette akan berubah menjadi ringan setelah didiamkan selama 45 menit. Selagi menunggu adonan roti baguette, panaskan oven hingga 450° F. Setelah itu, lumasi Loyang Anda dengan sedikit minyak agar tidak lengket.

 

           Setelah dilumasi minyak, pindahkan adonan roti baguette ke dalam nampan secara perlahan agar bentuknya tidak rusak. Iris sedikit adonan roti baguette menjadi 3-5 irisan dengan menggunakan pisau yang tajam.


6. Panggang roti baguette


Masukkan adonan roti ke dalam oven, dan masukkan air panas dibawah loyang adonan roti baguette. Memasukkan air panas kedalam oven dapat membantu pengembangan roti baguette secara merata, dan menjadikan warna roti coklat keemasan yang berkilau.

 

           Panggang roti baguette selama 24-28 menit, hingga berwarna coklat keemasan. Setelah selesai memanggang, berhati-hatilah mengangkat loyang dan dinginkan roti baguette diruangan yang sejuk.

 

7. Penyajian roti baguette


Nikmati rasa dan kerenyahan roti baguette setelah selesai dipanggang. Roti baguette biasanya disajikan dengan berbagai macam hidangan. Ada yang langsung memakannya dan ada juga yang dijadikan sebagai food hybrid yaitu persilangan makanan menjadi bentuk yang menarik.

 

Berikut ini adalah tips penyajian roti baguette ala Horekamall!

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Mentega

- Gula Merah

- Bubuk Cinnamon

- Susu Kental Manis

 

Cara penyajian   :

1. Potong roti baguette menjadi 3-5 bagian,

2. Kemudian, oleskan mentega pada sisi dari roti baguette,

3. Taburkan gula merah diatas roti yang telah di potong,

4. Kemudian, taburkan juga bubuk cinnamon diatas potongan roti baguette.

5. Tambahkan susu kental manis sebagai pelengkap.

6. Baguette cinnamon ala kita sudah siaap.

Karena roti baguette ini tidak tahan lama, sehingga roti ini sering dikatakan sebagai roti harian. Tapi siapa juga yang membiarkan roti selezat ini berdiam berhari-hari? Tapi jika memang Anda tetap ingin menyimpannya kami menyarankan agar disimpan dengan cara dibekukan.

 

          Itulah resep roti baguette sederhana ala kita. Memang membuat berbagai macam roti membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Namun, jika Anda bersabar dan telaten maka hasil yang didapatkan juga akan maksimal loh!

 










Postingan Populer