WASPADA!! Inilah Pantangan Penderita Diabetes Yang Perlu Kita Perhatikan

 

Bagi penderita diabetes pasti memiliki banyak pantangan. Meski sulit dan membosankan tetapi banyak cara kok untuk menikmatinya. Ini adalah pantangan diabetes dan cara mengatasi Diabetes dengan pola hidup sehat, apa saja ya? Simak ulasanya yuk!


Pantangan diabetes terkait makanan dan minuman

Memilih makanan untuk penderita diabetes merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kadar gula dalam darah. Inilah beberapa pantangan Diabetes yang harus kamu ketahui.


Pantangan diabetes, tidak mengonsumsi karbohidrat berlebihan

Ini merupakan salah satu pantangan diabetes. Kamu harus menghindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula, namun sedikit serat. 

Meski makanan tersebut harus dihindari, bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali mengonsumsinya. Kamu masih boleh mengonsumsinya, tetapi dalam jumlah yang sedikit.

Kamu bisa mengganti makanan karbohidrat dengan beras merah, roti dan biji-bijian utuh, ubi jalar, dan jagung agar lebih sehat.

Protein

Kamu sebaiknya juga menghindari mengonsumsi daging merah yang digoreng, kulit unggas, ikan goreng, dan tahun goreng. Makanan tersebut mengandung lemak trans yang tidak baik untuk penderita diabetes.

Kamu bisa menggantinya dengan daging ayam tanpa kulit, daging rebus, tahu kukus, ikan panggang, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Produk susu

Produk susu yang harus kamu hindari adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Kamu bisa menggantinya dengan susu yang rendah lemak seperti susu krim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Minuman manis

Sebaiknya kamu menghindari jenis minuman manis seperti minuman kemasan perasa buah, jus buah yang sudah dicampur gula, minuman bersoda, sirup, dan minuman beralkohol.

Buah kering

Buah kering diproses sedemikian rupa untuk menghilangkan sebagian kadar airnya. Biasanya buah kering ini juga ditambahkan gula tambahan yang berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah.

Sebaiknya kamu mengonsumsi buah segar yang tidak perlu dikeringkan, karena kadar gula alami yang masih baik untuk penderita diabetes.

Pantangan diabetes yakni hindari minum kopi manis

Kopi dengan tambahan topping seperti karamel, sirup, krimer, susu atau whipped cream juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kopi dengan gula tambahan juga tidak baik untuk penderita diabetes.

Sebaiknya kamu mengonsumsi kopi hitam tanpa pemanis apapun. Tetapi kamu juga jangan berlebihan mengonsumsinya, karena kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan kadar gula darah.


Selain pantangan diabetes, terapkan juga pola hidup yang sehat

Selain pola makan yang sehat, bagi para penderita diabetes juga harus memiliki pola hidup yang sehat untuk memperbaiki hidup. Berikut pola hidup sehat yang dapat kamu terapkan, antara lain:

Olahraga teratur

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk menerapkan hidup sehat. Kamu bisa melakukan olahraga santai seperti jalan kaki, naik sepeda, atau senam aerobik.

Kamu bisa melakukannya selama 30 menit tiap harinya agar kamu berkeringat. Kebiasaan sehat ini dapat membantu kamu mengendalikan diabetes dengan menurunkan kadar gula dalam darah.

Hindari stres

Stres bisa menjadi sumber dari berbagai macam penyakit termasuk diabetes. Ketika kamu stres, dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik. 

Kamu bisa melakukan kegiatan untuk mengelola stres seperti yoga, melakukan hobi yang membuat rileks dan tenang.

Berhenti merokok

Bagi para penderita diabetes yang masih memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hindari hal ini. Diabetes membuat kamu memiliki risiko terkena penyakit jantung, penyakit mata, stroke, ginjal.

Jika kamu masih merokok, hal ini membuat peluang terkena penyakit ini menjadi lebih besar.


Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter

Sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter setidaknya dua kali dalam setahun. Hal ini dikarenakan penderita diabetes memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung.

Kamu juga diharuskan melakukan pemeriksaan gula darah setiap 2 hari sekali agar kadar gula darah tetap terjaga.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat agar penyakit bisa terkontrol dan tidak menjadi parah.

Lakukan pantangan dan anjuran yang telah diberikan dan jangan melanggarnya agar kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Postingan Populer