Mengenal Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi

 
TANYA:

Dok, saya sedang hamil 5 bulan. Ini adalah kehamilan pertama saya. Untuk memperkaya pengetahuan saya tentang bayi, saya banyak membaca buku dan majalah. Yang ingin saya tanyakan adalah mengenai sindrom kematian mendadak (SIDS)...
Sebenarnya apa saja penyebab SIDS, apakah benar jika bayi tidur sendiri bisa mengalaminya? Terus terang saya cemas. Kira-kira pencegahan apa yang bisa saya lakukan agar bayi saya kelak terlindungi. Terima kasih dokter.
Devita (24), Depok
JAWAB :
Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) adalah sindrom penyebab kematian bayi di bawah usia 1 tahun yang terjadi secara mendadak dan tak terduga. Penyebabnya tidak diketahui dengan pasti. beberapa kepustakaan menyebutkan kematian bayi akibat SIDS lebih banyak pada bayi dengan ibu yang merokok, alkohol dan obat-obatan selama kehamilannya.

Angka kejadiannya di Amerika Serikat tergolong masih cukup tinggi dan termasuk 3 besar penyebab kematian bayi. Beberapa rekomendasi dikeluarkan oleh American Academy of Pediatrics tentang pencegahan terjadinya SIDS

Postingan Populer